Dr. Dirgantara Wicaksono M.Pd : Analisis KI (k1-k4)

Kurikulum KI
Kompetensi Inti Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SD/MI pada setiap tingkat kelas.

Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas/usia tertentu. Melalui Kompetensi Inti, sinkronisasi horisontal berbagai Kompetensi Dasar antar matapelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga.

Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai Kompetensi Dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.


Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut:


1.   Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti sikap spiritual;

2.   Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti sikap sosial;

3.   Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pengetahuan; dan

4.   Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti keterampilan.

Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Pembelajaran dibagi menjadi pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2. 

Komentar

Postingan Populer